Living a Life With a Passion Inside

Nite all.. How's life going? Sekarang gw mau bahas soal passion. Sedang terngiang2 terus kata itu di telinga gw selama 2 hari ini. Passion menurut Wikipedia begini: 
  • Passion (from the Ancient Greek verb πάσχω (paskho) meaning to suffer) is a term applied to a very strong feeling about a person or thing. 
  • Passion is an intense emotion compelling feeling, enthusiasm, or desire for something. The term is also often applied to a lively or eager interest in or admiration for a proposal, cause, or activity or love - to a feeling of unusual excitement, enthusiasm or compelling emotion, a positive affinity or love, towards a subject, idea, person, or object
Bahasa gampangnya, passion itu adalah sebuah keinginan, perasaan yang kuat dan berkelanjutan dan melahirkan antusiasme terhadap sebuah subyek, obyek, ide, mimpi, maupun seseorang. Dengan kata lain passion bisa diartikan sebagai sesuatu yang menggerakkan hati, pikiran, sampai anggota tubuh kita untuk sebuah tujuan. Passion inilah yang akan melahirkan mimpi dan kemudian mewujudkannya. 

Jadi teringat, gw dulu mempertanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi passion gw dalam hidup. Hm, gw pernah nulis di buku kuning soal hal ini *nyari buku*. Waktu itu gw abis liat tayangan di KBS World tentang 2 anak muda Korea Selatan yang punya passion dalam musik. Seorang pianist dan seorang lagi cellist. Dari umur 5 tahun mereka sudah jago sekali bermusik. Point yang gw tangkap adalah betapa berhasratnya mereka menggeluti hal yang memang mereka sukai. Dan hal itu menjadi fokus dan arah hidup mereka. Tidak heran kalau sekarang mereka sukses bermusik di Wina, Austria dan New York. Beberapa teman baik gw pun demikian. Yang satu berhasrat jadi "rocker" dan sekarang dia sukses dengan kegiatan bermusiknya, bahkan terakhir gw dengar mini studionya akan rampung sebentar lagi. Sedangkan teman gw satu lagi passionate dengan kegiatan Story Telling buat anak-anak. She seems enjoying this. Dan yang lainnya punya passion masing-masing di hidup mereka.

Berkaca pada diri sendiri, masih belum jelas apa passion dalam hidup gw. Oke gw bikin catatan kecil. Satu, gw punya hobi nyanyi, meskipun ngga fokus genre musik favorit gw apa, tapi gw suka nyanyi. Dan sempat menggarap mini album bareng temen-temen El Worship (proyek gereja). Hasilnya lumayan buat pemula, masih skup kecil, gereja sendiri. Dulu gw bisa bernyanyi dengan olah vokal yang cukup baik, tapi belakangan cara nyanyi gw kacau. Akibatnya jadi sering banget cepat serak. 

Dua, gw punya hobi main gitar. Sampe gw bela-belain beli Yamaha FX310 yang punya harga cukup mahal lah buat amatiran kayak gw. Namun semangat gw berkobar belajar main gitar hanya di minggu-minggu pertama gw beli. Sekarang gw hanya bisa main seadanya, walaupun sebenarnya feel gw lumayan. 

Tiga, gw juga suka bikin lagu. Yah dengan permainan gitar seadanya itu gw punya 1 lagu andalan, Dwell, yang kata Jason* (*read: penyanyi rohani) lagunya cukup layak dibawa rekaman. Tapi setelah itu gw ngga pernah lanjut bikin lagu lagi. 

Empat, gw suka belajar bahasa asing. Bahasa pertama yang gw niat ikut les itu mandarin. Lao Tse bilang kalo gw itu pintar dan cepat belajar. Namun akhirnya gw nyerah juga lanjutin karena rumit lama kelamaan. Les-nya bertahan cuma 4 bulan. Dan sekarang gw lagi belajar Deutsch. Kira-kira udah 7 bulan. Sejak bulan Juni vakum karena Frau sibuk diklat. Di rumah udah jarang belajar. Hmm, kita liat deh seberapa lama bertahan. Yah, itulah. Maksud gw, gw bisa beberapa point tadi cuma setengah-setengah. Tidak ada passion yang mendalam yang sungguh bisa menggerakkan diri gw untuk bergelut 100% disana. More than any wishes, I hope I have a genuine and real passion in my life. Still need to figure out what will become my desire. Harus segera menggali potensi dalam waktu dekat. Segera! 
    
Tapi gw rasa yang perlu gw lakukan adalah mengembangkan apa yang saat ini sudah gw miliki. Bukan mencari hal baru, tapi mulai dari mengembangkan dan memaksimalkan latihan untuk menumbuhkan passion itu tadi. Ya! Tiap orang pasti punya keahlian masing-masing yang bisa membawa tiap orang pada mimpi dan tujuan mereka. Dan gw akan temukan itu. Pasti!

Comments

Popular Posts